Kota Bitung dinobatkan sebagai kota tersehat dan terbaik di bidang pelayanan kesehatan se-Provinsi Sulawesi Utara.
Kadis Kesehatan Kota Bitung, Ellen Wuisan, di Bitung, Senin mengatakan, puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-46 Tahun, pada 22 November 2010, ditandai dengan Kota Bitung mendulang prestasi dalam bidang Kesehatan.
"Kota Bitung kembali bersinar dan tampil memukau di hadapan jajaran kesehatan se Provinsi Sulut. Hal ini dikarenakan Pemkot Bitung mendapat juara pertama dalam Pencapaian 'Millenium Development Goals' (MDGs) Terbaik se-Sulawesi Utara," kata dia.

Selain itu, lanjut Wuisan, Kota Bitung mendapat penghargaan atas jasa luar biasa dalam menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat.
"Ini prestasi yang sangat luar biasa yang kami peroleh, sehingga memberikan kemajuan positif bagi dunia kesehatan, untuk lebih ditingkatkan," katanya.
Bukan hanya itu saja, Kota Bitung telah meraih Predikat Juara 1 Dokter Teladan atas nama dr Elisabeth Sompotan, Juara 1 Tenaga Gizi Teladan atas nama Ni Luh Sofia Eka dan Juara 3 Tenaga Sanitarian Teladan atas nama Ferry O Hamel.
"Mereka adalah yang terbaik diantara para peserta yang ada di Sulut, karena melalui merekalah Bitung mendapatkan sejumlah penghargaan. Dengan demikian saya berharap semua yang telah diterima, dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan," katanya lagi.
Dia mengatakan, penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil yang diterima oleh Plt Sekretaris Daerah Kota Bitung Edison Humiang, bertempat di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut.