Photobucket
BLOG INI AKU BUAT SEKEDAR MENGISI HARI-HARIKU AGAR WAKTU TIDAK AKAN BERLALU BEGITU SAJA. HARAPAN SEMOGA DAPAT MEMBERIKAN MANFAAT BAGI PENGUNJUNG. BLOG TENTANG PENDIDIKAN SILAHKAN KUNJUNGI WWW.SISWAKUCERDAS.BLOGSPOT.COM

Minggu, 10 Juli 2011

BBC : Sambil Olahraga Bersih-bersih Lingkungan

WALIKOTA BITUNG  DI ACARA FUN BIKE MATUARI
          Semboyang Pemerintah Kota Bitung “Hidup Sehat Mari Jaga Lingkungan ternyata bukan hanya sekedar isapan jempol belaka. Perhatian pemerintah Kota Bitung dalam menjaga kesehatan masyarakat dan kebersihan lingkungan tidak diragukan lagi. Hal ini dibuktikan setelah pada hari Jumat tanggal 08 Juli 2011 Wakil Walikota Bitung, Sekertaris Kota bersama jajaran pemerintah Kota Bitung melaksanakan Fun Bike, kini tepatnya hari Sabtu tanggal 09 Juli 2011 sejak jam 06.00 wita sepanjang jalan Pusat Kota – Aertembaga – Winenet – Madidir sampai dengan Girian mulai diramaikan dengan masyarakat yang melakukan olahraga bersepeda. Turut dalam olahraga bersepeda tersebut Bapak Walikota Bitung berserta SKPD yang ada di jajaran pemerintah Kota Bitung, TNI, POLRI dan masyarakat. Olahraga bersepeda yang setiap hari sabtu dilaksanakan secara umum ini merupakan agenda resmi dari “Bitung Bikers Club” (BBC) yang melibatkan seluruh komponen masyarakat baik yang ada di lembaga pemerintahan, swasta, dan masyarakat umum. Khusus untuk hari Sabtu tanggal 09 Juli 2011 tersebut, Bitung Bikers Club bekerjasama dengan Kadis Kebersihan Kota Bitung sehingga setiap peserta yang ikut olahraga sepeda oleh Kadis Kebersihan diberikan tas kresek berwarna merah yang digunakan untuk mengangkut sampah – sampah yang berserakan di jalan dan kemudian di buang pada tempat sampah yang telah disediakan di Finish tepatnya di rumah kediaman Bapak Kolonel Ruslan Abdul Gani yg lebih akrab di panggil Pak Haji Gani yang beralamatkan di Girian. Pada kesempatan itu juga penulis sempat bertanya kepada masyarakat yang berada di sekitar ruas jalan Madidir mereka merasa kaget melihat Bapak Walikota bersepeda secara spontan mereka mengatakan dengan dialek manado “ado eh ternyata pak wali juga ada ikut kote, kalu begitu torang klu ada uang somo beli sepeda supaya bersama dengan pak wali berolahraga sepeda setiap hari sabtu.”
SEPEDA PESERTA FUN BIKE
            Di samping itu pula setelah semua peserta tiba di Finish Girian langsung dilayani oleh keluarga besar Pak Haji Gani lengkap dengan hiburannya, sehingga para peserta yang dalam keadaan capek langsung segar kembali. Di tempat yang sama pula Bapak Wali Kota menerima cendramata dari Distributor Sepeda Polygon Bitung ( Toko SULUT ) berupa satu buah sepeda Polygon merek Exstrada tipe 4,0. Pada kesempatan itu pula penulis sempat bertanya kepada Pak Wali tentang kegiatan olahraga sepeda tersebut dan beliau mengatakan dengan dialek manado “: boleh juga kwa, napa kita pesuar so keluar semua, cuma kwa sepeda yang kita nae tadi dia punya setir terlalu pendek sehingga kita ba putar itu sepeda dapalia ba bongko.”
Sekedar mengingatkan kembali kepada kita semua bahwa pada jaman dahulu sewaktu moda trasportasi belum semoderen sekarang, bukan merupakan suatu barang aneh apabila kita melihat sepeda berlalu lalang di jalanan. Dan kita melihat orang-orang jaman dulu relatif lebih sehat-sehat dibandingkan orang sekarang. Meskipun mereka jarang berolah raga, tapi kebiasaan mereka berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk menuju suatu tempat secara tidak langsung merupakan salah satu bentuk olah raga.
Bpk. BASMI SAID,SE,M.Si ( Kpl. Suku)
Sekarang ini jarang kita melihat sepeda lalu lalang di jalan raya. Moda trasportasi tersebut sudah ditinggalkan karena sudah digantikan oleh sepeda motor, mobil, atau moda transportasi moderen lainnya. Akan tetapi keberadaan sepeda belum sepenuhnya hilang. Dengan semakin sadarnya orang-orang dengan gaya hidup sehat, sepeda sekarang ini beralih peran dari sebelumnya moda transportasi menjadi alat olah raga, maka atas dasar itulah “Bitung Bikers Club” (BBC) bersama pemerintah Kota Bitung mengkampanyekan olehraga bersepeda ini.
Sebagai olahraga, bersepeda memang bisa diandalkan. “Ia punya dua fungsi sekaligus, endurance dan strength training. Berdasarkan fungsinya, olahraga dapat dibagi menjadi dua kelompok besar. Kelompok pertama, olahraga yang digunakan untuk melatih ketahanan jantung dan paru-paru. Ini biasanya disebut olahraga endurance. Contoh paling gampang yaitu senam aerobik, joging, dan jalan kaki. Latihan-latihan ini masuk kategori endurance karena membakar kalori dengan disertai peningkatan aktivitas jantung memompa darah, serta aktivitas paru-paru menyuplai oksigen. Kelompok kedua. Olahraga yang melatih otot-otot tertentu. Biasanya dikenal sebagai strength training. Contohnya, latihan mengangkat dambel. Fokus latihan ini otot-otot lengan.
PESERTA FUN BIKE
Jadi kalau dilihat menurut pengelompokan tersebut jelas bahwa olah raga bersepeda masuk ke dalam kedua kelompok tersebut. Dengan mengayuh pedal, vaskularisasi dan oksigenasi meningkat. Jantung pun memompa lebih aktif, paru-paru bekerja lebih giat. Di samping itu, saat menggenjot pedal dengan kuat, otot-otot paha dan sekitarnya juga bisa sekaligus terlatih. Di bawah ini beberapa manfaat sepeda bagi kesehatan kita yaitu:
1)     Bersepeda dan Manfaat untuk Hati dan Jantung
Dengan bersepeda tiap hari akan melatih nafas kita untuk bernafas lebih panjang di bandingkan dengan orang yang tidak bersepeda, bersepeda lebih efektif dibandingkan dengan senam erobic dan lebih mengasikan.
Rumah Kediaman Bpk Hi. Gani
Bersepeda merupakan salah satu bentuk olah raga yang paling efektif dan murah untuk mencapai kesehatan yang mahal harganya. Sebagai contoh, bersepeda dan mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, untuk itulah kenapa bersepeda merupakan salah satu sarana untuk hidup sehat.
Hasil penelitian menyebutkan bersepeda dalam jarak yang pendek dan sering dilakukan akan mengurangi kematian kurang lebih 22%.
2)     Bersepeda dan Berat badan
Bersepeda dapat dijadikan salah satu program untuk mengurangi berat badan. Dengan bersepeda kita sama saja membakar energy kita yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi semisal coklat dan sedikit minuman beralkohol (sekitar 300 kalori).
Hanya dengan 15 menit bersepeda dari rumah ke kantor kita 5 – 6 kali dalam seminggu, kita telah berhasil mengurangi berat badan kita 11 pounds dalam satu tahun.
3)     Bersepeda dan Mood (semangat).
Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita. Bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar. Bonus dari semua itu adalah kesehatan.
4)     Bersepeda dan Polusi udara.
Jika tidak perlu kuatir dengan polusi udara yang disebabkan lalulintas kendaraan, hasil penelitian menyebutkan orang yang bersepeda lebih sedikit terkena polusi udara dari pada orang yang naik kendaraan bermotor. Hal ini di mungkinkan karena orang yang bersepeda bernafas lebih teratur dan menghisap oksigen lebih banyak.
5)     Helm Sepeda.
Jangan melupakan benda satu ini, meski sampai sekarang masih banyak anggapan bahwa memakai helm saat bersepeda itu bukan suatu hal yang penting anggapan tersebut salah. dengan memakai helm dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan jika kita jatuh atau kecelakaan lainnya. Untuk mendapatkan Helm sesuai dengan keamanan dan kenyamanan bersepeda kita dapat mengunjungi toko sepeda terdekat disana kita bisa mendapatkan banyak pilihan ukuran yang sesuai dengan ukuran kepala kita. Dengan Helm bersepeda menjadi lebih aman dan nyaman.
Akhhirnya “Bitung Bikers Club” (BBC) mengharapakan bagi warga masyarakat yang ingin sehat ayo mari kita bersama-sama untuk berolahraga sepeda yang jadwal umum setiap hari Sabtu dengan mengambil star di depan BNI Pusat Kota dan bergabung bersama kami di grup Facebook:

“Selamat Bersepeda Semoga Badan Tetap Sehat dan Kerja Tetap Optimal”

0 komentar:

Posting Komentar